Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Perangkat Lunak CRM untuk Mengelola Pelanggan dan Penjualan

Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Perangkat Lunak CRM untuk Mengelola Pelanggan dan Penjualan – Perangkat lunak manajemen hubungan pelanggan (CRM) bekerja dengan baik untuk membangun hubungan dengan klien dan mendukung tujuan penjualan dan pemasaran Anda. Dengan penyiapan yang benar, sistem CRM melacak seluruh siklus pembelian, termasuk merayu prospek, menarik prospek, dan menyediakan layanan pelanggan.

Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Perangkat Lunak CRM untuk Mengelola Pelanggan dan Penjualan

softwareonsailboats – Selain itu, platform CRM membantu pemilik usaha kecil memantau dan meningkatkan kinerja penjualan sambil memberi anggota tim database pusat untuk informasi pelanggan. Meskipun fitur berbeda di antara sistem CRM, alat terbaik mudah digunakan dan meningkatkan alur kerja yang ada.

Melansir uschamber, Jika Anda belum memutuskan apakah platform CRM tepat untuk perusahaan Anda, lihat panduan perangkat lunak CRM kami . Ini merinci bagaimana bisnis kecil mendapat manfaat dari dan menggunakan sistem CRM.

Baca juga : Meningkatkan Penjualan Dealer Mobil Anda Dengan Software CRM Mobil

Bagi mereka yang siap mempelajari bagaimana alat CRM mendukung tujuan penjualan dan layanan pelanggan Anda, inilah yang perlu Anda ketahui.

Dasar-dasar manajemen hubungan pelanggan

Orang-orang berinteraksi dengan merek Anda jauh sebelum menjadi klien Anda. Mengawasi interaksi ini membantu tim Anda menemukan waktu dan tempat terbaik untuk penjangkauan. Namun, usaha kecil mungkin memperhatikan beberapa tanda bahwa mereka membutuhkan perangkat lunak CRM jauh sebelum memutuskan untuk membeli.

Biasanya, perusahaan mempertimbangkan sistem CRM ketika metode mereka sebelumnya gagal atau tidak efisien. Lainnya mengalami pertumbuhan dengan cepat dan menginginkan solusi yang mudah diterapkan untuk mengelola penjualan dan pelanggan.

Platform CRM pernah digunakan terutama sebagai alat manajemen kontak. Sistem modern menggabungkan kecerdasan buatan (AI) untuk mengotomatisasi proses penjualan dan membantu pemilik bisnis mengukur interaksi pelanggan. Selain itu, perangkat lunak CRM berfungsi sebagai repositori dinamis. Ini memberi pengguna akses ke data pelanggan dan wawasan waktu nyata.

Banyak solusi CRM berbasis cloud, artinya tersedia di sebagian besar perangkat dengan koneksi internet dan mungkin menyertakan aplikasi seluler. Pemilik bisnis dapat mengatur izin akses pengguna untuk meningkatkan akuntabilitas dan melacak perubahan pada informasi kontak. Sistem CRM tingkat lanjut memungkinkan perusahaan menyesuaikan dasbor untuk anggota tim yang berbeda dan berintegrasi dengan alat dukungan pelanggan. Singkatnya, ini dapat berfungsi sebagai sistem manajemen bisnis.

Fitur perangkat lunak CRM sering kali terdiri dari:

  • Manajemen tugas: Perangkat lunak CRM dapat disinkronkan dengan kalender perusahaan Anda dan memungkinkan administrator mengatur tugas untuk anggota tim, membuat pengingat, dan memberi tahu staf melalui email atau pesan teks.
  • Manajemen proyek: Beberapa solusi CRM memiliki alat manajemen proyek bawaan sehingga pemilik bisnis dapat menetapkan tugas, memeriksa pembaruan status proyek, dan mengawasi proses pemasaran dan bisnis.
  • Manajemen data pelanggan: Pada intinya, perangkat lunak CRM mendukung manajemen kontak, sehingga memudahkan pengguna untuk memperbarui informasi pelanggan dan memantau interaksi.
  • Integrasi pihak ketiga: Perangkat lunak manajemen hubungan pelanggan dapat terhubung ke alat pemasaran, penjualan, dan layanan pelanggan lainnya, seperti perangkat lunak meja bantuan, obrolan langsung, dan layanan telepon bisnis .
  • Otomatisasi alur kerja: Perangkat lunak CRM memungkinkan bisnis kecil mengembangkan rutinitas seputar tindakan atau alur kerja tertentu, termasuk otomatisasi email dan pemasaran.
    Manajemen penjualan: Platform CRM berbasis cloud memberi tim penjualan akses ke data di kantor atau di jalan, memungkinkan mereka mempresentasikan produk dan layanan kepada prospek menggunakan informasi terbaru.
  • Perangkat lunak CRM untuk pelanggan dan manajemen kontak
  • Sistem manajemen hubungan pelanggan mendukung entri dan pengumpulan data dasar, sehingga pengguna dapat membuat profil klien yang kuat. Namun, sistem CRM juga meningkatkan hubungan pelanggan. Mereka menawarkan fitur untuk menilai kepuasan pelanggan dan memungkinkan tim dukungan pelanggan untuk lebih memahami klien dan kebutuhan mereka.

Sistem CRM menyediakan fitur manajemen kontak yang menampilkan informasi, seperti nomor telepon klien, alamat email, pegangan media sosial, dan alamat rumah atau bisnis. Plus, beberapa perangkat lunak CRM terintegrasi dengan platform point-of-sale (POS). Koneksi ini memungkinkan perusahaan untuk melampirkan informasi pembelian ke akun pelanggan secara otomatis.

Manajemen hubungan pelanggan: fitur perangkat lunak CRM

Hubungan pelanggan bergantung pada memiliki akses ke tampilan 360 derajat klien Anda dan mengetahui cara memanfaatkan platform teknologi untuk pengalaman yang lebih baik. Untuk tujuan ini, platform CRM menawarkan beberapa fitur yang membantu bisnis kecil dengan layanan pelanggan dan retensi.

Solusi CRM dapat membantu perusahaan Anda menyediakan:

  • Layanan pelanggan telepon atau obrolan langsung: Solusi terintegrasi terhubung dengan sistem telepon Voice over Internet Protocol (VoIP), memberi agen layanan pelanggan akses ke riwayat pelanggan, termasuk interaksi multi-saluran, catatan dari panggilan sebelumnya, dan skor sentimen pelanggan.
  • Analisis kepuasan pelanggan: Bisnis kecil dapat menggunakan fitur CRM seperti laporan waktu nyata dan data historis untuk menentukan tingkat keberhasilan dukungan pelanggan dan menemukan area untuk peningkatan.
  • Layanan mandiri: Integrasi pihak ketiga dapat menghubungkan sistem CRM Anda ke alat akun pelanggan. Ini memungkinkan klien memperbarui informasi kontak mereka dan secara otomatis menyinkronkan perubahan di seluruh perangkat lunak Anda.

Platform CRM untuk pemasaran

Tim pemasaran menggunakan sistem CRM untuk melacak interaksi dengan prospek di berbagai platform. Ini digunakan untuk mengumpulkan informasi prospek dan mengubahnya menjadi wawasan yang dapat ditindaklanjuti. Misalnya, perangkat lunak CRM seperti Salesforce menyediakan penilaian prospek dan penilaian prospek. Pemasar menggunakan alat ini untuk menentukan waktu yang tepat untuk menyampaikan prospek kepada tim penjualan.

Solusi CRM juga membantu usaha kecil merekam interaksi di saluran media sosial, seperti Facebook atau Twitter. Dengan cara ini, tim bisa mendapatkan gambaran yang jelas tentang bagaimana prospek terlibat dengan merek Anda.

Usaha kecil menggunakan alat pemasaran CRM seperti:

  • Penilaian prospek: Tetapkan poin ke prospek berdasarkan tindakan, seperti mengklik tautan email, mengunduh brosur, atau mengunjungi halaman harga situs web Anda.
  • Penilaian prospek : Menilai prospek masuk dengan membandingkannya dengan profil pelanggan ideal Anda dan membuat asumsi tentang seberapa dekat kecocokannya.
  • Kampanye pemasaran: Gunakan data lintas platform untuk menilai kampanye saat ini, mengelompokkan pelanggan potensial, dan menyesuaikan aktivitas pemasaran agar sesuai dengan kebutuhan mereka.
  • Otomatisasi pemasaran: Tentukan interaksi prospek mana yang memicu respons otomatis, seperti iklan media sosial yang ditargetkan, popup situs web, atau pesan chatbot.
  • Pemasaran email: Beberapa solusi CRM, seperti HubSpot CRM, menawarkan template email dan pemberitahuan otomatis. Lainnya berintegrasi dengan layanan email pihak ketiga. Keduanya membantu perusahaan menciptakan pengalaman pelanggan yang mulus.
  • Sistem CRM untuk manajemen penjualan
  • Solusi CRM membantu usaha kecil menyempurnakan proses penjualan mereka . Ini memberi tim penjualan basis data dan alat yang akurat dan terorganisir untuk memastikan prospek tidak jatuh ke pinggir jalan. Selain itu, alat CRM memberdayakan perwakilan penjualan untuk membuat presentasi yang dipersonalisasi berdasarkan percakapan atau interaksi sebelumnya.

Perangkat lunak manajemen hubungan pelanggan memberikan wawasan tentang pembuatan prospek dan jalur penjualan. Banyak platform juga menawarkan alat peramalan penjualan. Sebagai imbalannya, pemilik usaha kecil menggunakan fitur manajemen penjualan, prospek, dan saluran pipa untuk membuat keputusan tentang upaya pemasaran.

Misalnya, Salesforce menggunakan fitur AI yang disebut Sales Cloud Einstein . Ini mengotomatiskan pengambilan data, menganalisis saluran penjualan untuk menemukan tren dan memprioritaskan prospek berdasarkan potensi konversi. Sementara itu, Zoho CRM menyediakan Zia , asisten penjualan percakapan yang mengevaluasi probabilitas menang dari transaksi yang sedang berlangsung.

Intelijen CRM Penjualan dan fitur manajemen prospek membantu tim penjualan:

  • Temukan peluang upsell dan cross-sell.
  • Siapkan rapat di kalender bersama.
  • Identifikasi pelanggan yang siap untuk produk dan layanan baru.
  • Terima peringatan atau pengingat tentang prospek dalam jalur penjualan.
  • Akses dokumen bersama yang digunakan oleh tim pemasaran dan dukungan pelanggan.
  • Mengotomatiskan proses penjualan .
  • Menarik semuanya bersama-sama: CRM untuk kolaborasi
  • Menurut ” Status Pelanggan yang Terhubung ” dari Salesforce , “76% pelanggan mengharapkan interaksi yang konsisten di seluruh departemen.” Namun, 54% mengatakan “secara umum terasa seperti penjualan, layanan, dan pemasaran tidak berbagi informasi.” Usaha kecil dapat mengatasi hambatan komunikasi internal dengan platform CRM.

CRM memungkinkan staf Anda membuat catatan, merekam data insiden pelanggan, dan menetapkan tugas. Aliran informasi yang bebas membantu tim pemasaran dan penjualan bekerja sama menuju tujuan bersama. Selain itu, solusi CRM dapat memberi tim layanan pelanggan tempat untuk berbagi data yang berguna untuk tujuan penjangkauan.

Meskipun setiap departemen memiliki alur kerja dan tujuan yang berbeda, semuanya fokus pada solusi untuk pelanggan potensial dan pelanggan saat ini. Oleh karena itu, sangat penting untuk menemukan perangkat lunak CRM yang cocok untuk tim penjualan, pemasaran, dan dukungan pelanggan. Lagi pula, jika solusi CRM Anda sulit digunakan atau tidak cocok dengan alur kerja yang ada, akan sulit untuk melibatkan tim Anda.

Kiat untuk memilih perangkat lunak CRM

Sebelum memilih platform CRM, Anda mungkin memiliki kekhawatiran tentang harga per pengguna, integrasi pihak ketiga, atau cara kerjanya untuk tim penjualan dan pemasaran. Tinjau daftar pertanyaan umum CRM kami , lalu gunakan tip berikut untuk mempersiapkan tenaga penjualan Anda dan mengidentifikasi proses bisnis yang sesuai untuk otomatisasi penjualan :

  • Lihat perangkat lunak gratis dan berbayar: Perangkat lunak CRM mungkin membebankan harga per pengguna, menawarkan uji coba gratis hingga 30 hari, atau menawarkan paket gratis. Minta setidaknya satu orang dari setiap departemen untuk menyelesaikan tugas umum untuk melihat apakah fitur CRM dapat diakses dan intuitif.
  • Jelajahi integrasi pihak ketiga: Teknologi berbasis cloud yang terhubung membantu bisnis kecil merancang pengalaman yang lancar di semua saluran, mulai dari aplikasi swalayan hingga aplikasi perpesanan media sosial. Lihat proses integrasi, aplikasi yang didukung, dan ulasan pengguna untuk memastikan alat Anda berfungsi dengan solusi CRM Anda.
  • Evaluasi kasus penggunaan bisnis: Putuskan apakah tim penjualan Anda memerlukan (atau menginginkan) aplikasi seluler yang berfungsi penuh atau apakah mereka akan mengakses informasi pelanggan di luar kantor. Beberapa alat CRM penjualan menawarkan entri data dasar dan manajemen kontak melalui aplikasi seluler, sedangkan yang lain mendukung manajemen saluran penjualan dari mana saja.

Opsi perangkat lunak CRM terbaik

Ada banyak alat intelijen hubungan untuk tim pemasaran dan penjualan. Menemukan yang paling cocok untuk bisnis kecil Anda bisa jadi rumit, terutama bila Anda memiliki anggaran yang harus dipenuhi dan beberapa karyawan untuk menyenangkan. Sementara banyak platform mendukung otomatisasi alur kerja dan melacak interaksi pelanggan, beberapa juga memiliki fitur seperti perkiraan penjualan dan pemasaran email terintegrasi.

Jelajahi daftar alat penjualan gratis kami untuk bisnis kecil dan pertimbangkan platform CRM penjualan dan pemasaran berikut:

  • HubSpot CRM: Versi gratisnya menawarkan dasbor pelaporan, integrasi Facebook Messenger, dan pemasaran email.
  • Zoho CRM: Karyawan Anda dapat menyinkronkan kalender, berbagi dokumen, dan meninjau log dan catatan panggilan. Ini gratis untuk maksimal tiga pengguna.
  • Freshworks CRM: Gunakan perangkat lunak CRM ini untuk melacak kemajuan kesepakatan, merekam interaksi pelanggan, dan menyiapkan chatbot situs web.
  • Salesforce CRM: Dapatkan wawasan waktu nyata ke dalam saluran penjualan Anda dan kemajuan penawaran sambil memprioritaskan prospek dan memelihara kontak.
Exit mobile version