Proses Otomasi Penjualan yang Perlu Anda Ketahui di 2022

Proses Otomasi Penjualan yang Perlu Anda Ketahui di 2022 – Saat ini tahun 2022, dan proses penjualan di organisasi terbaik dan terbesar semakin disederhanakan dengan perangkat lunak otomatisasi penjualan, memberi tenaga penjualan lebih banyak waktu untuk menjual.

Proses Otomasi Penjualan yang Perlu Anda Ketahui di 2022

softwareonsailboats – Di sisi lain, sebagian besar tim penjualan masih menghabiskan sekitar 50% waktu mereka untuk tugas penjualan yang dapat diotomatisasi. Otomatisasi penjualan sudah mulai memainkan peran utama dalam proses penjualan karena mengotomatisasi banyak tugas manual yang saat ini dilakukan oleh tenaga penjualan.

Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa lebih dari 80% pemimpin bisnis mencari solusi otomatisasi penjualan karena mereka menyadari betapa pentingnya bagi mereka untuk merampingkan proses manajemen penjualan mereka. Apakah Anda termasuk di antara mereka?

Baca Juga : Panduan Utama Untuk CRM Otomotif 

Otomatisasi penjualan akan membantu Anda menyelesaikan lebih banyak transaksi dengan membebaskan semua waktu yang dihabiskan untuk tugas-tugas rutin sehingga Anda dapat membelanjakannya untuk aktivitas bernilai tinggi yang mendorong pendapatan.

Dan dengan alat canggih seperti kampanye email otomatis, email tindak lanjut otomatis, saluran penjualan visual , dan segmentasi otomatis serta penetapan prospek, semuanya akan sangat mudah!

Dalam posting blog ini, kami akan memberi tahu Anda dengan tepat bagaimana otomatisasi penjualan bekerja dan bagaimana Anda dapat mulai mengotomatisasi proses penjualan Anda hari ini.

Apa itu Otomasi Penjualan?

Manajemen hubungan pelanggan ( CRM ) dan perangkat lunak otomatisasi penjualan mengacu pada teknologi yang dirancang untuk merampingkan organisasi penjualan dengan mengotomatiskan tugas dan alur kerja penjualan.

Otomatisasi penjualan memfasilitasi proses penjualan di seluruh tim penjualan, mitra, saluran distribusi, dan pelanggan, memungkinkan tenaga penjualan untuk lebih fokus pada penutupan kesepakatan dengan prospek bernilai tinggi sambil mempertahankan hubungan dengan pelanggan yang sudah ada.

Otomatisasi penjualan memungkinkan profesional penjualan menghemat waktu dengan menangani tugas administratif seperti memperbarui informasi kontak, mengelola kalender, dan memproses peluang tanpa harus memasukkan data secara manual ke dalam sistem CRM mereka.

Dengan bantuan aplikasi pra-bangun yang terintegrasi ke dalam rangkaian perangkat lunak mereka, profesional penjualan dapat mengelola jalur penjualan mereka secara real-time , secara proaktif menindaklanjuti prospek alih-alih menunggu mereka menghubungi mereka terlebih dahulu, mencatat titik kontak dengan pelanggan, dan menutup penjualan lebih cepat.

Sebagian besar organisasi penjualan menggunakan perangkat lunak otomatisasi penjualan untuk membangun saluran penjualan yang memetakan perjalanan setiap calon pelanggan dari saat mereka pertama kali diidentifikasi hingga mereka menjadi pelanggan.

Saluran penjualan mencakup aktivitas seperti mengidentifikasi prospek yang relevan ( memprospek ), menemukan informasi kontak untuk prospek tersebut (generasi prospek), menindaklanjuti prospek, memajukan prospek yang memenuhi syarat dalam proses penjualan melalui pemeliharaan prospek, mengubah prospek ini menjadi peluang, dan menutup transaksi .

Tim penjualan dapat mengotomatiskan tugas berulang yang terkait dengan setiap tahap dalam saluran penjualan mereka dengan menyematkannya di platform CRM mereka atau menautkannya ke data penjualan mereka sehingga setiap anggota tim penjualan mereka memiliki akses ke informasi yang akurat.

Bagaimana Otomasi Penjualan Bekerja?

Ada tujuh langkah dalam proses otomatisasi penjualan:

  • Panduan otomatis
  • Otomatisasi manajemen prospek
  • Otomatisasi komunikasi
  • Entri data otomatis
  • Riset otomatis
  • Pencatatan aktivitas otomatis
  • Pembuatan rekaman otomatis

Mari masuk ke detailnya.

Panduan otomatis

Dengan bentuk otomatisasi ini, tim penjualan menerima pengingat dan catatan dari perangkat lunak otomatisasi penjualan. Ini membuat perwakilan tetap pada tugas dan mencegah mereka kehilangan prospek penting yang dapat diubah menjadi pelanggan yang membayar.

Otomatisasi manajemen prospek

Berbicara tentang mengubah prospek menjadi pelanggan, ada otomatisasi manajemen prospek. Dengan langkah otomatisasi ini, eksekutif penjualan dapat menggunakan aturan dan filter yang memungkinkan mereka membuat daftar prospek yang lebih terkurasi.

Berdasarkan karakteristik dan perilaku prospek, termasuk pembukaan email, rasio klik-tayang, dan pencarian sosial, perangkat lunak otomatisasi penjualan Anda dapat dengan mudah mengelompokkan dan menilai prospek Anda dan membaginya ke dalam daftar atau ’ember’ yang rapi untuk dikerjakan.

Otomatisasi komunikasi

Dari otomatisasi email penjualan hingga pesan suara otomatis, alat penjadwalan janji temu, dan urutan email pribadi , otomatisasi komunikasi sangat penting.

  • Dengan pesan suara otomatis, perwakilan penjualan dapat merekam pesan di waktu luang mereka yang diterima pemimpin atau pelanggan saat mereka tidak menjawab telepon. Ini mencegah agen dari keharusan memberikan tanggapan di tempat, lagi dan lagi.
  • Dengan penjadwalan janji temu bawaan , agen penjualan Anda dapat bekerja dengan pelanggan dengan cepat dan nyaman untuk menjadwalkan rapat berdasarkan waktu keduanya tersedia. Perangkat lunak melakukan semua pelacakan, jadi tidak ada yang harus membuat catatan. Perangkat lunak mengirimkan pengingat ke tenaga penjualan dan pelanggan juga.
  • Dengan urutan email penjualan yang dipersonalisasi , pelanggan dapat terus menerima informasi penting sedikit demi sedikit tentang produk atau layanan yang dijual.
  • Lalu ada otomatisasi email penjualan, yang dapat mengotomatiskan tugas seperti berhenti berlangganan alamat email pelanggan tidak aktif dari daftar email . Ini membantu menghemat waktu dan mengurangi rasio pentalan dan keluhan spam.

Entri data otomatis

Entri data bisa sangat membosankan dan memakan waktu, tetapi itu juga merupakan tugas yang tidak dapat dihindari. Nah, itu sebelum menjamurnya alat otomatisasi penjualan.

Dengan mengisi data penjualan secara otomatis seperti harga, detail produk, dan detail kontak untuk prospek dan pelanggan, perangkat lunak otomatisasi penjualan menyederhanakan manajemen kontak dan menghemat waktu berharga untuk perwakilan penjualan Anda setiap hari.

Riset otomatis

Perangkat lunak otomatisasi penjualan melampaui kemampuan manusiawi tim penjualan untuk menghancurkan web dan media sosial untuk mendapatkan informasi penting tentang prospek dan pelanggan.

Ini menggunakan informasi tersebut untuk membuat dan memperbarui profil prospek, menilai prospek berdasarkan probabilitas kemenangan mereka, dan mengidentifikasi peluang penjualan yang menarik .

Ini sangat membantu tenaga penjualan karena menghemat waktu mereka dan memastikan bahwa mereka selalu mendapatkan informasi terbaru tentang kontak dan prospek mereka.

Semua pengetahuan ini disimpan dalam repositori pusat sehingga dapat dengan mudah diakses oleh semua anggota tim penjualan.

Pencatatan aktivitas otomatis

Email penjualan, panggilan telepon, kunjungan langsung: semua ini perlu dicatat secara real-time, sehingga perwakilan lain tahu seberapa jauh hubungan satu perwakilan dengan calon pelanggan.

Pencatatan aktivitas otomatis melakukan semua itu untuk agen, sekali lagi menghemat banyak waktu untuk lebih fokus pada pembuatan prospek dan kesepakatan penutupan.

Pembuatan rekaman otomatis

Saat tim penjualan Anda memindai kartu nama atau menerima konfirmasi keikutsertaan buletin, mereka dapat dengan mudah membiarkan perangkat lunak otomatisasi penjualan membuat catatan dan profil baru.

Karena pembuatan catatan dilakukan secara otomatis, perwakilan penjualan dibebaskan dari tugas yang membuang-buang waktu. Mereka malah dapat fokus pada penutupan kesepakatan dengan prospek panas yang diidentifikasi oleh perangkat lunak untuk mereka.

4 Tahapan dalam Mengotomatiskan Proses Penjualan

Anda tahu bahwa Anda ingin mengotomatiskan proses penjualan Anda, tetapi Anda mungkin belum tahu bagaimana melakukannya. Di bagian ini, kami akan memandu Anda melalui empat tahap otomatisasi penjualan.

Otomatisasi proses penjualan Anda harus mengikuti pola yang terlihat seperti ini:

  • Kesadaran
  • Minat
  • Keputusan
  • Tindakan

Kesadaran

Pelanggan potensial Anda mungkin menemukan bisnis Anda melalui pencarian Google, iklan berbayar di situs web atau media sosial, atau bahkan dari posting tamu di blog.

Pimpinan belum tahu banyak tentang perusahaan Anda.

Pada tahap ini, yang terbaik adalah membuat beberapa penawaran penjualan hebat untuk jangka waktu terbatas, melalui email atau SMS, sehingga Anda dapat terlibat dengan prospek dan membangkitkan lebih banyak minat.

Minat

Jika prospek tertarik pada produk Anda, lanjutkan ke langkah berikutnya.

Untuk mencapai tahap ini, prospek harus memiliki beberapa bentuk interaksi dengan perwakilan penjualan dari perusahaan Anda, seperti memilih untuk menerima buletin email atau meminta penawaran harga.

Sekarang Anda memiliki minat mereka, Anda harus mempertahankannya, dan itu berarti membumbui petunjuk dengan informasi tentang mengapa mereka membutuhkan produk atau layanan Anda.

Untuk itu, whitepaper, eBook, dan konten blog dapat membantu.

Anda dapat mengotomatiskan pengiriman urutan email selamat datang . Anda juga dapat mengatur otomatisasi agar pengingat dikirim ke perwakilan penjualan Anda untuk menghubungi prospek jika prospek mengklik email.

Tahap ini adalah tentang menangkap dan membangun minat, dan otomatisasi dapat menghemat banyak waktu di sini.

Keputusan

Sekarang, pimpinan Anda bergerak ke fase ketiga, atau tahap keputusan.

Di sini, Anda ingin menghemat waktu dan menggunakan otomatisasi untuk tetap berhubungan dengan mereka, berbagi informasi penting tentang produk Anda, dan bahkan mengirimkan beberapa informasi rahasia yang dapat mencakup dokumentasi produk, kontrak harga, detail faktur, dan sebagainya.

Alat otomatisasi penjualan dapat membantu Anda mengotomatiskan seluruh proses penyimpanan, pembaruan, dan berbagi semua dokumen ini tanpa atau sedikit usaha dari perwakilan penjualan Anda.

Tindakan

Langkah terakhir tentu saja adalah pembayaran dan konfirmasi yang sama, mengirimkan produk ke pelanggan baru atau memulai dengan layanan perusahaan Anda, dan seterusnya.

Seperti yang Anda ketahui, langkah di saluran penjualan ini dapat memakan banyak waktu, dan itu membuat Anda tidak dapat menghubungi prospek baru yang populer.

Perangkat lunak otomatisasi penjualan dapat melakukan pekerjaan melacak semua transaksi baru, pembayaran, dan detail pelanggan. Perangkat lunak Anda dapat memberi tahu Anda dengan tepat berapa banyak kesepakatan yang telah dibuat, dan siapa yang belum melakukan pembayaran atau menerima produk mereka.

Menerapkan sistem penagihan otomatis juga mengurangi upaya administratif, meningkatkan arus kas Anda, dan memudahkan pengelolaan langganan secara umum.

Dengan cara ini, Anda dapat melacak pendapatan berdasarkan jenis produk atau layanan, untuk bulanan, mingguan, triwulanan, atau kerangka waktu khusus lainnya yang Anda suka.

Exit mobile version