Apa itu Perangkat Lunak Penjualan & Apa Bedanya dengan CRM?

Apa itu Perangkat Lunak Penjualan & Apa Bedanya dengan CRM? – Perangkat lunak penjualan adalah aplikasi digital yang membantu bisnis merampingkan, mengoptimalkan, dan mempercepat seluruh siklus penjualan produk mereka . Ini membantu memastikan bahwa perwakilan penjualan memiliki akses ke alat dan fitur yang membantu mereka mencapai indeks penjualan kinerja utama mereka.

Apa itu Perangkat Lunak Penjualan & Apa Bedanya dengan CRM?

softwareonsailboats – Seperti dalam kasus aplikasi, perangkat lunak penjualan dapat dianalogikan dengan alat yang membantu meningkatkan peluang memperoleh pelanggan yang membayar. Seperti yang kita semua tahu, fakta bahwa Anda memiliki produk terbaik atau tercantik tidak menjamin popularitas atau eksposur.

Melansir leadsquared, Perwakilan penjualan tahu bahwa menghasilkan prospek saja tidak cukup, karena sangat penting untuk mengidentifikasi prospek yang paling menjanjikan. Ini akan membantu efisiensi penggunaan sumber daya penjualan dan meningkatkan peluang konversi menjadi pelanggan yang membayar.

Baca juga : 7 Software Manajemen Penjualan Teratas untuk Tim Penjualan Berkinerja Tinggi 

Apa perbedaan antara Perangkat Lunak Penjualan dan CRM ?

Sering ada salah tafsir antara perangkat lunak penjualan dan perangkat lunak manajemen hubungan pelanggan , dan kami akan menghapus kesalahpahaman ini di sini.

Perangkat lunak CRM adalah alat digital yang digunakan untuk mengelola interaksi dengan pelanggan langsung dari kontak awal mereka dengan perusahaan hingga setelah penjualan dilakukan. CRM menanamkan pemasaran untuk menghasilkan prospek dan berinteraksi dengan pelanggan potensial. CRM juga mencakup menindaklanjuti prospek ini sampai mereka mencapai sedikit siklus penjualan. Di sinilah perangkat lunak Penjualan masuk.

Perangkat lunak penjualan membantu bisnis mengelola setiap aspek siklus penjualan mulai dari pertanyaan dan pesanan, hingga pembuatan faktur dan pembayaran. Setelah penjualan, CRM melanjutkan interaksi dengan pelanggan melalui promosi dan komunikasi reguler.

Pada dasarnya, CRM dapat dianggap sebagai perangkat lunak yang membantu interaksi pra-penjualan dan pasca-penjualan.

Fitur utama perangkat lunak penjualan

Kami akan menjelajahi beberapa fitur terpenting yang harus diperhatikan dalam perangkat lunak penjualan di bawah ini:

Analisis Data : Data dengan cepat menjadi bagian yang sangat penting dari setiap proses dalam bisnis. Hal ini tidak berbeda dalam penjualan. Data dari prospek penjualan perlu dianalisis untuk memahami niat mereka dan menilai mereka. Analisis tersebut juga dapat digunakan untuk mendapatkan wawasan tentang prospek dan mengidentifikasi peluang baru yang mungkin .

Laporan Aktivitas Penjualan : Laporan aktivitas penjualan sebelumnya harus mudah diakses pada perangkat lunak penjualan. Ini akan membantu bisnis dan perwakilan penjualan untuk melacak penjualan masa lalu dan dengan mudah merekonsiliasi akun .

Order to Payment: Perangkat lunak penjualan harus dapat mengelola setiap interaksi dengan hak pelanggan mulai dari saat mereka memesan atau menanyakan tentang layanan Anda hingga saat mereka melakukan pembayaran untuk layanan tersebut.

Manajemen inventaris: Fitur lain yang sangat penting dari perangkat lunak penjualan adalah kemampuan untuk mengelola dan memperbarui inventaris saat sedang dijual. Ini akan membantu perwakilan penjualan tetap berada di depan pelanggan dan mengurangi biaya kekurangan.

360-view of prospect: Anda memerlukan software penjualan yang memberikan pandangan prospek yang luas dan sempit. Ini akan membantu Anda membuat pendekatan penjualan yang dipersonalisasi terhadap prospek ini, sehingga meningkatkan peluang konversi. Perwakilan penjualan ingin memahami prospek secara mendalam, dan perangkat lunak penjualan yang baik membantu mereka mencapai hal ini. Selain itu, seseorang juga harus dapat memfilter prospek menurut berbagai opsi seperti geografi, usia, dan data demografis lainnya.

Integrasi dengan perangkat lunak lain: Perangkat lunak penjualan tidak bekerja sendiri karena memerlukan data dari berbagai departemen lain dalam perusahaan. Inilah sebabnya mengapa Anda memerlukan perangkat lunak penjualan yang dapat diintegrasikan dengan perangkat lunak Anda yang lain – pemasaran, manajemen kontak, media sosial, dan sebagainya.

Keamanan: Keamanan adalah fitur lain yang sangat penting dari perangkat lunak penjualan. Anda akan berurusan dengan banyak data pelanggan dan bisnis yang sensitif, jadi hal terakhir yang Anda inginkan adalah kebocoran informasi sensitif tersebut.

Kemudahan Penggunaan: Sangat penting bahwa perangkat lunak penjualan sangat mudah digunakan. Anda tidak ingin perwakilan penjualan menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk mempelajari cara menggunakan perangkat lunak baru karena hal itu akan mengurangi produktivitas dan meningkatkan kemungkinan kesalahan.

Pentingnya berinvestasi dalam perangkat lunak penjualan

Organisasi: Menggunakan perangkat lunak penjualan memastikan bahwa semua prospek dan informasi pelanggan Anda ada di satu tempat. Organisasi ini membantu mengurangi duplikasi data dan membantu menciptakan pendekatan terpadu untuk manajemen penjualan .

Peningkatan efisiensi penjualan: Efisiensi operasi penjualan ditingkatkan dengan penggunaan perangkat lunak penjualan. Penyatuan, perampingan, dan optimalisasi proses penjualan dengan aplikasi digital ini membuat segalanya menjadi lebih efisien.

Peningkatan Kolaborasi di dalam perusahaan: Perangkat lunak penjualan berinteraksi dengan hampir setiap proses dan departemen di perusahaan, sehingga akan membantu mendorong kolaborasi dan interaksi di antara staf.

Peningkatan pemahaman pelanggan: Jumlah prospek dan data pelanggan lebih dari cukup bagi seseorang untuk memahami kebutuhan pelanggan ini dan menemukan peluang tersembunyi untuk lebih banyak produk atau layanan.

Kepuasan perwakilan penjualan dan pelanggan: Ketika perwakilan penjualan produktif, kepuasan dan kebahagiaan mereka meningkat. Hal yang sama dapat dikatakan tentang prospek dan pelanggan ketika mereka dilayani dengan baik. Perangkat lunak penjualan meningkatkan kepuasan kedua belah pihak.

Perkiraan penjualan yang lebih akurat : Dengan perangkat lunak penjualan yang baik, bisnis dapat dengan mudah memperkirakan penjualan dan metrik bisnis lainnya berdasarkan aktivitas mereka . Bagian terbaik tentang perkiraan ini adalah bahwa mereka lebih akurat daripada yang tidak memiliki perangkat lunak penjualan.

Exit mobile version